Upacara Sebelum Panen Raya Di Desa Sokawera ,mimiti

Upacara Sebelum Panen Raya Di Desa Sokawera ,mimiti
26-Nov-2019 | sorotnuswantoro indonesia

Tradisi yang sangat menarik yang sudah langka yaitu tradisi mimiti ,sebuah bentuk upacara adat seblum panen raya sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa yang memberikan hasil yang melimpah gemah ripah lohjinawi dengan membuat tumpeng ,berdoa dan makan bersama di sawah yang mau di panen. Tradisi ini hanya terlihat di di desa sokawera .

Kepala desa sokawera badrun bodronoyo mengungkapkan ,"ini adalah warisan leluhur yang perlu di pertahankan karena tradisi ini adalah bentuk rasa syukur kita kepada tuhan yang maha esa yang melimbahkan keberkahan kepada para petani dengan hasil yang memuaskan"
Badrun menambahkan "saya juga sangat apresiasi dengan masyarakat yang masih peduli akan adat leluhur yang sudah hampir punah,mudah mudahan ini menjadi contoh untuk masyarakat purbalingga". Ujarnya

Is99 ketua sorot nuswantoro sebagai pemerhati budaya menuturkan "ini adalah sebagai bentuk rasa syukur sekaligus menjadi hubungan simbiosis mulualisme antara manusi,alam dengan tuhan .jadi tradisi ini sangan baik sekali karna selama ini masyarakat sudah lupa dan taidak tahu tentang saling menghargai dan menghormati sesama mahluk ini di namakan hubungan tri tunggal". Ungkapnya.

Setiap wilayah memiliki tradisi dan budaya yang berbeda yang menjadi jatidiri bangsa indonesia ,mari kita budayakan tradisi dan budaya sebagai kearifan lokal sekaligus misi pertahanan nasional karna melalui budayalah kita kuat .

Tags